Sabtu, 13 Juni 2015

Belajar Softskill di Berbagai Bidang Lebih Menyenangkan

Belajar Softskill di Berbagai Bidang Lebih Menyenangkan

Softskill dan hardskill adalah sebuah kemampuan yang sangat penting bagi seseorang. Dengan memiliki softskill dan hardskill yang berjalan beriringan kita dapat menjadi manusia yang berkualitas. Hardskill adalah bakat atau kemampuan yang dapat dilihat sedangkan softkill bisa dibilang pengendalian diri terhadap suatu kepentingan yang sulit untuk dilihat namun dapat dirasakan.
Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang entah akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau keluar dari zona nyaman sebagai mahasiswa dan mulai menjadi seorang pegawai atau pengusaha atau mungkin menjalankan keduanya. Intinya apapun pilihan yang akan diambil semua membutuhkan hardskill dan softskill.
Pendidikan formal selama ini kebanyakan lebih mengajarkan untuk hardskill sedangkan untuk softskill bisa dibilang kurang diajarkan. Namun, pada Universitas Gunadarma softskill diajarkan dari semester satu sampai semester delapan yang bertujuan agar semua lulusan Univeritas Gunadarma dapat lulus dengan memiliki hardskill dan softskill.
Softskill merupakan matakuliah tersendiri yang memiliki bobot 1 – 2 sks per semester. Berikut ini adalah nama matakuliah softskill yang wajib diambil oleh para mahasiswa Universitas Gunadarma :
1.      Ilmu Sosial Dasar (ISD) yang diberikan pada semester 1.
2.      Ilmu Budaya Dasar (IBD) yang diberikan pada semester 2.
3.      Teori Organisasi Umum yang diberikan pada semester 3.
4.      Teori Organisasi Umum 2 yang diberikan pada semester 4.
5.      Bahasa Indonesia 1 yang diberikan pada semester 5.
6.      Bahasa Indonesia 2 yang diberikan pada semester 6.
7.      Pengantar Telematika yang diberikan pada semester 7.
8.      Etika & Profesionalisme TSI yang diberikan pada semester 8.
Dari kedelapan matakuliah softskill yang diberikan saya lebih tertarik dengan matakuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Alasan saya menyukai dua matakuliah softskill tersebut karena saya suka berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan banyak orang.
Dari SD sampai saat ini, bisa dibilang saya masih terus mencari bidang apa yang sebenarnya sama minati yang nantinya akan saya pilih untuk terus menjalaninya sebagai pekerjaan. Ketika SD saya mengikuti ekstrakulikuler Pramuka karena di pramuka saya diajarkan untuk mandiri. Saat SMP saya mengikuti ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR) karena di PMR saya diajarkan untuk membantu sesama manusia selain itu juga diajarkan bagaimana menghargai kesehatan dan diimbangi dengan ekstrakulikuler olahraga basket. Setelah lulus dari bangku SMP beralih ke masa putih abu-abu alias SMA. Bisa dibilang masa SMA adalah masa paling yang berkesan dan berprestasi bagi saya. Saya bisa mengatakan hal tersebut karena saat masa SMA saya mengikuti dua ekstrakulikuler yaitu Jurnalistik dan Tari Papua. Hasil dari ekstrakulikuler Jurnalistik saya bisa mempelajari dan membuat majalah dinding setiap dua minggu sekali dan majalah sekolah. Sedangkan dari ekstrakulikuler Tari Papua saya bisa mempelajari salah satu budaya yang ada di Indonesia dan mendapatkan beberapa juara serta masuk masuk tv.
Saat dibangku kuliah saya mengikuti Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (BEM FIKTI) pada divisi Sosial dan Budaya. Hal yang saya pelajari adalah organisasi, mengadakan, menjalankan, dan mengatur sebuah acara yang sudah direncanakan selama satu periode. Setelah keluar dari BEM FIKTI saya melanjutkan pencarian minat saya ke bidang mengajar. Saya bergabung dengan Laboratorium Sistem Informasi sampai sekarang. Di Laboratorium Sistem Informasi saya belajar bagaimana caranya berbagi ilmu, bertanggung jawab dengan kelas yang sudah diamanatkan untuk saya yang bertanggung jawab sebagai ketua praktikum.
Saat penulisan ilmiah saya bekerjasama dengan owners dari butik Threeangle @gabbigasta untuk membuat website e-commerce dan sekarang untuk menyelesaikan skripsi saya mengikuti magang di AJB Bumiputera 1912 sebagai tim development pada Departemen Teknologi Informasi untuk membuat website e-learning.

Dari sekian banyak pengalaman yang saya rasakan dan jalani jujur semua menyenangkan dan memiliki tantangan tersendiri. Jika harus memilih bidang apa yang akan saya terus jalanin jujur saya masih belum tahu karena dari dulu saya lebih senang jalanin yang ada. Jika saya belum pernah menjalani hal tersebut maka saya lebih memilih mempelajarinya sambil menjalani. Karena saya pikir hidup itu harus terus belajar dan jangan sampai hidup dihanya ada di dalam kotak atau hidup di zona nyaman.

1 komentar:

  1. In this post guide, you'll learn the basics of soft skills, how they work, and how you can make them work for you.office.com/setup Your skills and provide areas for improvement as often as possible ...Thanks for sharing good and helpful information..

    BalasHapus