Kamis, 20 Juni 2013

Bahasa C++

Sejarah C++

Tahun 1978, Brian W. kerningan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa C. bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language) yang diciptakan oleh Martin Richard.
Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan pemrograman di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.
Tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards Institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C.
Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT & T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.
Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. Mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrograman professional.

Struktur Bahasa C++

<preprosessor directive>
{
                        <statement>;
                        <statement>;
}

Contoh :

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
main()
{
  cout<<"Mencoba Program C++";
  getch();
  return 0;
}

Hasil :              

Mencoba Program C++


Sekarang coba ketikkan program sederhana berikut ini :



Sehingga akan menghasilkan output :



Bagi kalian yang belum memiliki program C++ kalian bisa download disini http://bangwildan.web.id/berita-142-software-praktikum-labsi-gunadarma.html.
Oh iya, saya punya referensi materi C++ dari dosen saya, bagi yang mau download silahkan klik link ini http://rani_push.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2 atau mungkin kalian bisa cari sendiri di GOOGLE.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar