Rabu, 01 Mei 2013

Bahasa C menggunakan VMWare #1

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie di Bell Telephone Laboratories. Struktur bahasa pemrograman C :

<preprosessor directive>
{
<statement>;
<statement>;
}

Ketikkan program sederhana berikut ini :




Sehingga akan menghasilkan output :




 Penjelasan :
vi belajar.c
vi digunakan untuk membuat program yang diikuti dengan nama file program dibelakangnya.
gcc belajar.c –o belajar1
digunakan untuk mengkompilasi program. Jika program yang kita buat salah maka nanti akan muncul pesan kesalahan pada layar.
./belajar1
Digunakan untuk menjalankan program yang kita buat jika sudah tidak ada kesalahan.
#include<stdio.h>
Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk compiler. Dalam program ini kalimat #include memberitahukan preprocessor compiler untuk menyertakan header file standard stdio.h. File spesifik ini juga termasuk library deklarasi standard I/O pada C dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program.
main()
Baris ini mencocokan pada awal dari deklarasi fungsi main. Fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C akan memulai dieksekusi. diletakkan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dan fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya, seluruh program C memiliki fungsi main.
Main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. Pada C, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argument didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti, berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}).
printf(“Selamat Datang di”);
printf pada program merupakan standard output stream dalam bahas C (biasanya monitor). printf diikuti oleh tanda kurung () serta tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi. Kalimat atau kata yang ingin dicetak harus diapit oleh tanda “ ”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar