Rabu, 21 Maret 2012

URL


Pengertian URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standart tertentu, yang digunakan untuk menujukkan suatu alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet.
URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulisan-penulisan dokumen-dokumen dapat merujuk ke World Wide Web (WWW).
URL menunjukkan sumber daya internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin di tampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu :
1.    Metoda
2.    Alamat server
3.    Path File

Jenis metoda yang lazim digunakan :
a.    URL File
URL File menggunakan “ftp” yaitu direktori dari file atau file yang sebenarnya tersedia untuk download. Misalnya : dokumen yang bernama “eudor154.exe”, berada di server ftp anonymous ftp.gunadarma.ac.id, pada direktori “/pub/internet/”.
Maka URL untuk file ini adalah :
Direktori paling atas dari server FTP ini adalah :
Maka direktori “pub” dari server FTP ini :

b.    URL Gopher
URL dari gopher sedikit lebih kompleks dibanding URL file, karena sedikit lebih sulit berurusan dengan server GOPHER dibanding server FTP. Beberapa server gopher dapat saja berada pada port network yang tidak lazim di host-machine-nya. (ngka port gopher yang standar adalah 70). Jika diketahui server gopher di mesin gopher.banzai.edu berada pada pada port 1234 bukannya port 70, maka URL yang bersesuaian adalah : gopher://gopher.banzai.edu:1234/
Biasanya ini untuk metoda akses dengan izin khusus.

c.    URL News
Untuk menunjuk ke sebuat USENET Newsgroup (misal, “rec.gradening”), makaURL-nya adalah : news:rec.gardening
Saat ini, program internet browser seperti NCSA Mosaic, tidak memungkinkan mengakses server news semudah dengan URL, misalnya : news://news.yoyodyne.com/rec.gardening
Tapi untuk saat ini news server harus di set dengan metoda lain, metoda yang paling umum adalah dengan menset variabel di environment variable NNTP SERVER ke nama dari server news.

d.    URL HTTP
Informasi dapat disertakan secara langsung dalam suatu dokumen, sehingga protokol itu sendiri tidak perlu menangani fungsi navigasi/pelacakan seperti pada protokol Gopher dan FTP.
Pada URL HTTP menggunakan direktori atau dokumen hypertext (seperti halaman Web). Misalnya disebuah file yang bernama “index.html” pada server HTTP www.gunadarma.ac.id di direktori “/Sejarah”, bersesuaian dengan URL ini :
Port suatu HTTP yang standar adalah 80, tetapi jika server HTTP berada pada port network yang berbeda (misal, port 1234 di www.gunadarma.ac.id), maka URL-nya menjadi :

e.    URL Parsial
URL partial atau relatif, untuk menunjuk ke file lainnya di direktori yang sama di mesin yang sama yang juga ditangani oleh suatu software server yang sama.
Sebagai contoh, jika file lainnya yang ada di direktori yang sama disebut “anotherfile.html”, maka anotherfile.html adalah URL partial yang sah/valid, pada saat itu.
Ini memungkinkan suatu cara yang mudah untuk membentuk suatu dokumen hypertext. Jika satu set dokumen hypertext berada di direktori yang sama, maka mereka dapat saling diasosiasikan (hyperlink) dengan hanya menggunakan nama filenya saja. Oleh karena itu jika suatu dokumen sedang dilihat, maka untuk pindah ke dokumen lainnya dalam direktori yang sama hanya diperlukan nama filenya saja sebagai URL partial pada saat itu, informasi tambahan lainnya seperti : metoda akses, nomor port, nama direktori akan diasumsikan berdasarkan URL untuk melihat dokumen yang pertama.
Action Get URL digunakan untuk memanggil dokumen lain (HTML, ASP, CGI, dan sebagainya) dari lokasi URL tertentu ke dalam jendela (window) yang ditentukan oleh action get URL tersebut.
Action Get URL memiliki tiga parameter, yakni :
1.    URL, menyatakan alamat Uniform Resource Identifier (URI) di mana dokumen yang hendak dipanggil berada.
2.    Window, menyatakan nama window atau frame di mana dokumen yang dipanggil hendak diletakkan.
·         _self : menunjukkan frame yng sedang digunakan dalam window yang aktif.
·         _blank : menunjukkan sebuah window baru.
·         _parent : menunjuk parent frame dari frame yang sedang digunakan.
·         _top : menunjuk frame utama dari window yang aktif.
3.    Variables, apakah secara GET, POST, atau tidak dikirimkan sama sekali.

referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar